Selasa, 15 Juli 2014

Kerusakan Ruas Sumedang-Cirebon sedang Dibenahi

JALUR tengah Jawa Barat mulai dari Sumedang sampai Cirebon, saat ini dalam kondisi rusak berat.
Para pengguna jalan diimbau untuk meningkatkan kewaspadaan saat melintas di ruas jalan tersebut.
“Jalur tengah Sumedang-Cirebon dari Jatinangor sampai Kadipaten rusak berat,” kata Kapolda Jawa Barat Irjen Mochamad Iriawan seusai meninjau persiapan pengamanan pilpres di Garut, kemarin.

Ia menuturkan kondisi jalan di jalur tengah tersebut masih diperbaiki. “Seperti di Jalan Raya Jatinangor, Kabupaten Sumedang, saat ini masih diperbaiki. Mudah-mudahan perbaikan jalan selesai secepatnya,” kata Iriawan.

Selain jalur tengah, kata Kapolda, beberapa ruas jalan di pantura atau jalur utara dan jalur selatan Jawa Barat, rusak. “Jalan rusak pantura tinggal 10%. Perbaikan jalur selatan Garut-Tasikmalaya-Ciamis sampai Banjar yang menuju Jawa Tengah, tinggal 2% lagi. Saat ini hanya ada bolong-bolong kecil,” imbuhnya.

Pada bagian lain, Pemerintah Provinsi Banten memberikan bantuan pembangunan dan perbaikan jalan lingkar selatan (JLS) Kota Cilegon pada tahun anggaran 2014 sebesar Rp20 miliar. “Bantuan dana untuk perbaikan JLS dari Pemprov Banten sudah dianggarkan pada tahun ini,” kata Pelaksana tugas Gubernur Banten, Rano Karno saat Safari Ramadan 1425 H di Pondok Pesantren Al Bustaniyah, Kota Cilegon, Senin (7/7).

Rano menjelaskan Kota Cilegon merupakan kota industri, sehingga harus memiliki infrastruktur yang memadai. Pemprov Banten berkomitmen memperbaiki infrastruktur sesuai dengan kemampuan anggaran yang ada. “Sebagai kota industri, seharusnya tidak ada infrastruktur jalan yang rusak dan tidak boleh ada kemacetan di Kota Cilegon,” kata Rano.

Untuk itu dalam perbaikan JLS ini, anggarannya selain bersumber dari APBD Banten juga akan mendapat kucuran dana dari pemerintah pusat sebesar Rp70 miliar pada 2015. Ia berharap perusahaan-perusahaan yang ada di Provinsi Banten ikut bersama-sama memberikan bantuan kepada masyarakat melalui program corporate social responsibility (CSR), termasuk di antaranya pembangunan JLS. Pada kesempatan itu, Wakil Wali Kota Cilegon Edi Aryadi menambahkan pemerintah Kota Cilegon membangun JLS dalam upaya pemenuhan infrastruktur yang memadai bagi masyarakat. “Untuk mempercepat pembangunan JLS tersebut, kami meminta bantuan kepada Pemprov Banten dan pemerintah pusat,” kata Edi. (Ant/EM/N-3) - Media Indonesia, 9 Juli 2014, Halaman 10