Minggu, 11 Januari 2015

CIAMIS, JAWA BARAT Jembatan Cibaruyan Dibuka Hari Ini

JEMBATAN Cibaruyan di Kampung Sukamulya, Desa Sukahaji, Kecamatan Cihaurbeuti, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, mulai diuji cobakan untuk dilalui kendaraan kecil, hari ini. Kemarin, sejumlah sepeda motor sudah diizinkan melewati jembatan.
“Jembatan hanya diperbolehkan dilalui kendaraan dengan bobot kurang dari 15 ton.

Fondasi kanan di bawah jembatan masih belum stabil dan membutuhkan pengerasan hingga satu minggu ke depan,” kata petugas Satuan Lalu Lintas Polres Ciamis Aiptu Kusmayadi, kemarin.

Jembatan Cibaruyan runtuh saat arus mudik Lebaran 2014. Akibatnya, kemacetan panjang pun terjadi di jalur selatan Jawa Barat karena seluruh kendaraan pemudik dialihkan masuk ke Kota Tasikmalaya.

Pekerjaan perbaikan jembatan dilakukan PT Seneca Indonesia dengan nilai proyek Rp2,9 miliar. Selain perbaikan, kontraktor juga melakukan pengaspalan dan memasang fondasi.

Di Tegal, Jawa Tengah, warga Kelurahan Slerok, Kecamatan Tegal Timur menginginkan adanya jembatan layang yang menghubungkan permukiman mereka dengan pusat kota.

Selama ini, akses warga menuju kota harus memutar karena terhalang stasiun kereta api dan kompleks bengkel KA Balai Yasa. Keluhan warga sudah lama disuarakan, namun belum ada jalan ke luar yang bisa memuaskan warga. (AD/JI/N-3) Media Indonesia, 17/12/2014, halaman 14